Tes situs Web Anda dengan Web Browser Lain!

Saat ini ada jutaan pengguna Internet di seluruh dunia. Tidak perlu diragukan, ada di antara mereka yang berkunjung ke situs anda yang telah anda buat selama berminggu-minggu. Tetapi di balik itu ada yang harus perhatikan.Walaupun halaman Web anda tampil sempurna ketika anda lihat di PC anda, mungkin tidak demikian halnya jika tampil di monitor PC orang lain. Masalahnya terletak pada komputer pengunjung situs anda itu karena komputernya sudah barang tentu telah mereka setel agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka mungkin menggunakan versi browser web berbeda dengan yang anda gunakan, atau malah browser berbeda sama sekali. Selain itu, resolusi layar dan setting warna pada komputer mereka mungkin berbeda sama sekali dengan yang ada pada monitor anda. Walaupun tampak remeh, salah satu faktor ini dapat mempengaruhi cara ditampilkannya halaman Web anda pada layar monitor orang lain. Akibatnya situs Web anda akan tampak amatiran. Hal lain yang akan mempengaruhi penampilan situs anda adalah fitur yang anda gunakan di dalam situs. Misalnya, fitur seperti Dynamic HTML, Cascading Style Sheet dan Frame akan tampil sempurna pada browser yang satu tetapi mungkin tidak pada browser yang lain.

Pengguna Internet itu bermacammacam. Masih akan ada netter yang menggunakan Internet Explorer versi tua yang tidak akan dapat menampilkan fitur yang sudah setengah mati anda buat. Agar situs anda dapat dibaca dengan benar oleh berbagai browser, ikuti petunjuk langkah demi langkah di bawah ini.

1. Tes Dengan Netscape

Kebanyakan orang yang mengunjungi halaman Web anda barangkali akan menggunakan Internet Explorer dari Microsoft. Walaupun demikian, anda perlu menginstal browser Netscape dan mentes kompatibilitas situs anda dengan program ini.

2. Ukuran Tampilan Halaman Web

Download program BrowserMaster dari www.applythis.com. Program ini memungkinkan anda melihat tampilan situs anda pada berbagai resolusi pada dua browser terpopuler. Dengan BrowserMaster pun anda dapat mencek warna pada halaman Web anda.

3. Tes Online

Selain dengan BrowserMaster, anda pun dapat melakukan tes secara online di www.anybrowser.com. Masukkan saja URL situs anda dan anda dapat menggunakan screen size test, HTML validator dan pengecek link untuk memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik.

4. Analisis Halaman

Ada satu tool online yang dapat mentes berbagai aspek halaman Web anda dan membuatkan laporan untuk anda. Bagian yang dites adalah spelling, meta tag, frame dan struktur dokumen. Cobalah Doctor HTML pada www2.imagiware. com/RxHTML. Cek kesehatan situs anda.

5. Fitur yang Didukung

Jika anda ingin menambahkan fitur seperti Cascading Style Sheet atau Java pada halaman Web anda, maka anda mungkin tertarik untuk mengetahui browser mana yang mendukung fitur tertentu. Cobalah di www.webreview.com/browsers/browsers.shtml.

6. Mengecek Link

Jaga agar situs anda tetap sehat dan up-to-date dengan mencek link pada halaman Web anda secara teratur. Program semacam CyberSpider Link Test (www.cyberspyder.com/cslnkts1.html) dapat melakukannya secara otomatis dan memberikan laporan broken link.

7. Monitor Situs Anda

Situs Web anda perlu selalu online dan tersedia setiap waktu. Jika situs anda offline, pengunjung akan mencari situs lain. Yoursiteup? akan memonitor situs anda dan jika situs anda offline, dapat memberitahu lewat email, pihak -pihak yang alamat emailnya Anda masukkan.

8. Bantuan Lebih Jauh

Untuk bantuan lebih jauh perihal pemanfaatan browser sepenuhnya, cobalah direktori sumber informasi pada www.anybrowser.com/directory. Di dalamnya ada link ke lebih banyak advis dan program yang berguna yang akan berguna saat anda membuat situs.

Iklan

One thought on “Tes situs Web Anda dengan Web Browser Lain!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s