Memanfaatkan Ribuan Detik Berharga Menjelang Wawancara

Hati Anda sedang setengah mati gembira karena baru saja mendapat telpon panggilan wawancara? Atau jantung berdegup keras saking excited-nya?
 
Merasa gembira sih boleh saja, tapi bukan berarti lantas Anda hanya menunggu detik-detik menjelang wawancara tersebut dengan bayangan manis setelah diterima bekerja di sana. Tentunya karena sebelum Anda diterima bekerja, sudah pasti tahap pertama yang harus Anda lewati dengan sukses adalah wawancara ini.
 
Bila Anda masih diberi waktu beberapa hari untuk menyiapkan diri diwawancara, bisa dibilang Anda diberi awal yang baik. Tapi bila Anda hanya punya 1×24 jam, karena diwawancara besok, sebaiknya sih manfaatkan sisa waktu tersebut seefektif mungkin dan sebaiknya. Mau tahu apa yang harus Anda lakukan pada detik-detik sebelum wawancara? Dari mulai 24 jam sebelumnya, sampai ke beberapa menit menjelang detik penentuan tersebut, kami bocorkan rahasianya..

1×24 jam sebelumnya…
Survei tempat! Ini ekstra penting, apalagi jika Anda sama sekali belum tahu lokasi dan estimasi waktu yang diperlukan untuk sampai ke sana. Tanyakan dan kuasai jalan-jalan tertentu yang bisa dijadikan alternative untuk menghindari macet, sehingga Anda bisa sampai di tempat wawancara dengan nyaman sebelum waktu yang ditentukan. Jangan sampai terlambat!

Malamnya…
Mental. Buka berkas Anda. Baca dan pelajari baik-baik CV yang Anda buat. Perkirakan jawaban yang tepat untuk pertanyaan yang lazim dilontarkan saat wawancara kerja. Ungkapkan latar belakang pendidikan dengan kronologis, tapi seperlunya dan tidak bertele-tele. Bila ada ‘sparing partner’ untuk latihan wawancara akan lebih baik lagi. Cobalah membuat catatan kecil mengenai poin-poin kelebihan Anda. 
Fisik. Selain persiapan diatas, tentunya fisik dan penampilan pun harus prima. Pilih busana yang membuat Anda tampak professional dan sesuai dengan ‘iklim’ perusahaan yang mewawancara Anda, mulai dari setelah baju kerja, sepatu sampai tasnya. Serta tentunya tidak lupa siapkan juga buku catatan. Satu lagi, tidur yang cukup. Anda sudah pasti harus terlihat fresh dan berpikiran jernih. Jangan sampai kepala migren karena kurang tidur dan mata kuyu dengan lingkaran hitam merusak wawancara Anda. Siapkan weker agar tidak terlambat bangun. 

Paginya…
Sudah pasti Anda mesti bangun lebih awal. Mandi dan sarapan juga sudah harus masuk jadwal. Terutama sarapan, karena Anda tidak akan merasa nyaman dengan keadaan perut kosong dan kepala pusing menjelang wawancara, hanya karena terburu-buru dan tidak sempat sarapan. 

Beberapa menit menjelang dipanggil…
Sesampainya di tempat wawancara, toilet adalah tujuan utama Anda. Silahkan buang air kecil, dan touch-up penampilan Anda. Kembali ke ruang tunggu, simak obrolan atau tidak ada salahnya untuk bersosialiasi dengan ‘para rival’ yang juga sedang menunggu giliran diwawancara. Sekedar untuk membaca situasi dan membuat diri tidak tegang.

SELAMAT WAWANCARA..!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s