Semarang Kota Kenangan

Kota Semarang terletak di pesisir Utara Pulau Jawa dan merupakan Ibukota Propinsi Jawa Tengah, sama seperti letaknya yang berada tepat ditengah-tengah antara pesisir Timur dan Barat Pulau Jawa. Lingkungan Kota Semarang sangat cocok bagi wisatawan yang ingin melakukan day trip and side dan side excursions.

Kenangan masa lalu di kota ini akan membawa kita kembali ke abad 15 sampai dengan abad 18 sesudah Masehi dimana sebuah monumen yang kolonial dan kuno masih berdiri sampai sekarang, selain itu juga, di bagian lain Kota Semarang, dekat dengan pelabuhan, Anda dapat menemukan berbagai bangunan menarik yang akan mengingatkan kita kembali pada masa kolonial Belanda dan VOC seperti Gereja Blenduk, gereja umat kristiani tertua di Jawa Tengah yang dibangun oleh masyarakat Belanda pada Tahun 1753. Bangunan ini menunjukkan arsitektur abad 18 dengan aulanya yang sangat besar dan bergaya seni abad 17. Berdekatan dengan gereja, terdapat beberapa bangunan yang berasal dari jaman kolonial Belanda, seperti Stasiun Tawang, stasiun kereta utama dengan arsitektur masa lampaunya juga terletak di area ini. Sementara itu, Lawang Sewu atau biasa disebut sebagai bangunan seribu pintu, yang terletak di Semarang kota juga merupakan sebuah gedung bersejarah dari masa Belanda.

Selain berbagai koleksi bangunan-bangunan kolonial Belanda yang menarik, di Semarang terdapat juga bangunan bersejarah dengan arsitektur khas dari negeri Cina. Di bagian barat Kota Semarang terdapat sebuah kuil Sampokong atau biasa dikenal sebagai Gedong Batu (Bangunan Batu) yang didedikasikan kepada seorang China yang muslim, Laksamana Cheng Ho, yang pertama kali datang pada Tahun 1406 sebelum Masehi. Selain itu terdapat pula kuil China Buddha, Tay Kak Sie yang berada pada jalan Lombok dan dibangun pada Tahun 1772.

Cara Mencapai Daerah Ini
Dengan Pesawat
Kota Semarang memiliki Bandara Ahmad Yani yang terletak di Semarang bagian barat, sekitar 5 Km dari pusat kota, sehingga untuk menuju maupun dari Semarang, dapat ditempuh dengan mudah melalui udara dengan menggunakan beberapa jasa penerbangan seperti: Garuda dan Merpati, yang menghubungkan Semarang dengan kota-kota lain yang berada di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Banjarmasin dan lain-lain.

Dengan Kereta
Stasiun kereta utama yang dimiliki Kota Semarang adalah StasiunTawang, yang memiliki koneksi kereta utama antara Semarang, Cirebon, Surabaya serta Solo.

Dengan Bis
Terminal Bis utama yang dimiliki Kota Semarang berada di Terboyo, sebelah timur kota. Terminal bis ini menyediakan beberapa perusahaan bis yang melayani rute perjalanan ke berbagai kota di Jawa, Bali, dan Sumatra. Informasi dapat diperoleh secara langsung di terminal.

Dengan Kapal
Pelabuhan Kota Semarang terletak di Tanjung Mas. Disini tersedia jalur kapal reguler untuk penumpang yang berlayar menuju ke Semarang maupun dari Semarang menuju ke pulau lainnya, seperti Kalimantan. Jalur utamanya adalah PELNI. Juga dapat ditanyakan informasi mengenai kapal kargo, yang mengambil penumpang di pelabuhan.

Tempat Menginap
Kota Semarang memiliki tempat penginapan yang cukup banyak untuk wisatawan, mulai dari hotel berbintang sampai dengan hotel non bintang. Beberapa hotel terkenal berada pada pusat kota dan di setiap area ramai. Beragam fasilitas yang dimiliki oleh hotel-hotel tersebut dapat memenuhi permintaan internasional dengan kombinasi tradisional.

Tempat Bersantap
Kota Semarang memiliki beragam restoran yang menawarkan makanan Indonesia, Cina, dan Eropa yang lezat. Satu tempat makan yang mudah ditemui di Kota Semarang terdapat di jalan Pemuda, sekitar Pasar Johar, yang merupakan salah satu pasar terbaik di Simpang Lima Mall. Area Gang Lombok dan Jalan Gadjah Mada terkenal dengan restoran Cina, Sedangkan di Jalan A. Yani terdapat restoran dengan citarasa masakan Jawa. Semarang terkenal dengan Lumpia, Pia, Wingko Babat dan Bandeng Prestonya.

Berkeliling
Anda dapat mengeliligi Kota Semarang dengan menggunakan becak (kendaraan roda tiga) hanya di bagian utara kota, minibus, bis, dan dan taksi.

Yang Dapat Anda Lihat atau Lakukan
Sementara di Semarang, Anda dapat ,mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya seperti:
Simpang Lima, adalah sebuah alun-alun dengan beragam toko dan bioskop di sekitarnya. Di malam hari, banyak orang yang datang ke Simpang Lima hanya untuk berjalan-jalan atau melihat-lihat. Sedangkan di pagi hari, banyak orang yang melakukan joging sepanjang jalan.
Gombel, sebuah tempat favorit di perbukitan dengan udaranya yang segar dan bentang alam yang indah. Sedangkan di malam hari, banyak orang yang datang mengunjungi tempat ini hanya untuk berelaksasi sembari menikmati pemandangan panoramik kota maupun pelabuhan.
Puri Maerakaca, adalah sebuah taman yang terletak di pantai yang memamerkan rumah-rumah tradisional dari setiap kabupaten di Jawa Tengah. Di rumah-rumah ini, kerajinan tangan yang khusus dari setiap kabupaten ditampilkan.

Buah Tangan
Cinderamata dan objek seni juga tersedia di Kota Semarang, kebanyakan terletak di area pusat kota dan pasar-pasar populer atau pusat perbelanjaan. Baju batik dan garmen, perhiasan tradisional dan lokal, wayang kulit, dan banyak lagi. Jika ingin membawa penganan khas Semarang, Anda bisa membeli Wingko Babat, Bandeng Presto, Kacang Dieng, Keripik Jamur, Carica Kawis dan penganan khas lainnya sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat.

Tips
Cuaca di Kota Semarang antara Bulan May-September merupakan yang terbaik dan direkomendasikan untuk datang dalam bulan-bulan tersebut sebagai waktu kunjungan,
Berpakaian santai dan nyaman, mengingat cuaca di Semarang cukup panas dan terik
Jangan lupa membawa sebuah payung atau jas hujan, untuk berjaga-jaga apabila hujan turun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s