Efisien Saat Di Warnet

1. Tetapkan tujuan Anda
Sebagaimana halnya orang yang hendak bepergian, sebelum berangkat ke warnet, Anda harus menentukan terlebih dahulu tempat-tempat atau situs-situs mana saja yang akan Anda kunjungi. Hal ini penting agar saat Anda sampai di warnet dan berada di depan komputer yang terkoneksi ke internet, Anda tidak berubah menjadi orang yang kebingungan akan pergi ke arah mana. Setidaknya Anda telah menekan idle time ke tingkat yang lebih rendah.
Bayangkan jika Anda belum tahu tempat-tempat yang akan dituju. Anda akan terduduk di depan komputer, sibuk berpikir akan mengunjugi situs apa; sementara biaya akses akan terus merangkak, tidak peduli apakah Anda sedang mengakses situs atau tidak.

2.Tetapkan prioritas aktivitas
Anda juga harus menetapkan, kegiatan macam apa yang akan menjadi prioritas Anda saat Anda berada di warnet. Apakah hanya sekadar chatting, mengecek e-mail, mencari berita, atau mendownload file.
Dengan melakukan aktivitas sesuai prioritas, Anda bisa menghindari kegiatan-kegiatan yang kurang perlu yang mungkin bisa memperpanjang waktu pakai koneksi internet Anda. Merencanakan aktivitas internet secara cermat akan membantu Anda mengoptimalkan waktu dan biaya yang Anda pakai untuk mengakses internet di warnet

3.Buka beberapa jendela
Jika ada ungkapan yang meminta kita agar membuka mata dan telingamu lebar-lebar saat mencari teman, dalam dunia cyber, ada satu tambahan lain yang patut diingat: buka beberapa jendela lebar-lebar saat mencari informasi. Tentu maksudnya bukan membuka jendela warnet, tetapi membuka jendela browser.
Misalnya, saat Anda masuk ke situs infokomputer (http:/www.infokomputer.com), bukalah beberapa link dalam beberapa jendela sekaligus. Caranya, klik kanan link yang ingin diakses, lalu pilih opsi Open in New Window. Jika koneksi yang dipakai cukup cepat, cara ini akan membantu Anda memilah informasi dalam waktu singkat. Selain itu, melalui cara ini, Anda tidak perlu lagi mengklik tombol Back berulang kali untuk kembali ke halaman utama.

4.Baca secara offline
Mengambil informasi sebanyak-banyaknya dengan waktu dan uang yang sesedikit mungkin bisa menjadi salah satu kebiasaan yang bisa digalakkan. Hindari membaca sebuah artikel, ulasan, komentar, atau berita yang panjang secara online. Karena artikel atau ulasan biasanya ditampilkan dalam bentuk file HTML atau txt, Anda bisa menyimpannya ke disket.
Untuk menyimpan, Anda bisa memilih menu File*Save As dari browser Anda. Dokumen yang disimpan akan otomatis berformat txt atau HTML. Dengan menyimpan artikel atau ulasan tersebut serta membacanya secara offline, Anda bisa membaca artikel tersebut secara nyaman dan tenang. Anda tidak perlu lagi cemas akan lamanya waktu online yang dipakai untuk membaca berita, yang akan diikuti pula dengan tingginya biaya akses.
Ingat, semakin lama Anda terkoneksi ke internet untuk membaca dan mencari berita, semakin besar pula biaya yang harus dibayar. Dengan menyimpannya dalam disket, Anda akan memiliki arsip dari artikel-artikel yang dianggap penting. Jika suatu saat Anda membutuhkan artikel atau ulasan tersebut, Anda hanya perlu mengambiinya dari disket, tanpa perlu mengunjungi situsnya.

5.Tulis secara offline
Untuk Anda yang gemar berkorespondensi, menulis e-mail secara offline di komputer sebelum mengunjungi warnet, kiranya merupakan langkah yang bisa dipertimbangkan; utamanya jika Anda mengikuti milis atau kelompok diskusi. Jika Anda ingin mengirimkan sebuah ide, gagasan, atau kutipan buku ke suatu milis atau seorang teman Anda, tulislah dulu ide Anda itu dalam PC lain, entah komputer sendiri, rental, atau komputer teman. Setelah selesai, simpan hasil tulisan Anda itu dalam bentuk txt, doc, atau HTML ke dalam sebuah disket.
Saat Anda berkunjung ke warnet, bukalah account e-mail Anda, pilih menu Compose, New Message, atau sejenisnya yang bisa dipakai untuk menulis surat. Masukkan subyek dan alamat email penerima pada kolom-kolom yang disediakan. Untuk memasukkan hasil tulisan Anda, Anda tinggal mengklik opsi Attachment, lalu memilih file dalam disket Anda. Setelah itu, klik tombol Send. Jika dilakukan dengan benar, langkah tersebut hanya memakan waktu kurang dari satu menit. Cukup hemat dan cepat bukan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s