Perangi Rontok Lewat Perawatan Luar Dalam

Salah satu cermin bahwa tubuh seseorang sehat adalah dari rambut. Orang yang sehat, rambutnya akan terlihat kemilau. Sebaliknya, kesehatan fisik yang tidak sehat (misalnya, keadaan emosi yang kurang baik) akan berdampak pada rambut yang tampak kusam bahwa rontok. 

Ahli perawatan rambut mengemukakan bahwa 99% kebotakan yang terjadi pada perempuan maupun laki-laki disebabkan kelebihan minyak sebum, yang mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit kepala dan melumpuhkan folikel. 

Beberapa penyebab lain yang menyebabkan kerontokan rambut adalah kehidupan modern secara konstan mempengaruhi kesehatan rambut, kebiasaan tidur yang buruk serta kebiasaan stress yang berkepanjangan. Selain itu, infeksi pada kulit kepala, keracunan obat, penyinaran dengan sinar radiasi, cuaca yang berubah-ubah, diet yang buruk terutama rendah protein, serta konsumsi lemak dan makanan manis secara berlebihan juga dapat merusak akar rambut. Faktor penyakit dan kehamilan juga bisa menyebabkan kerontokan rambut 

Untuk mendapatkan rambut sehat dengan helai-helai yang kokoh diperlukan perawatan secara terpadu, yaitu perawatan dari luar dan dalam tubuh. Berikut beberapa resep alami untuk mengurangi kerontokan rambut: 

1. Kulit SemangkaAmbil bagian kulit semangka yang berwarna putih (gosok-gosokkan pada kulit kepala secara merata lakukan pada sore harii dan biarkan semalaman agar meresap. Esoknya bilas sampai bersih. Lakukan 1-2 kali seminggu 

2. KemiriSiapkan daging biji kemiri sebanyak seperempat kilogram tumbuk sampai halus lalu masukkan ke dalam panci. Tambahkan satu gelas air bersih, aduk sampai merata. Panaskan diatas api sambil diaduk sampai mendidih dan keluar minyak. Setelah dingin, peras dan saring dengan kain kasa untuk mendapatkan minyaknya. Didihkan kembali minyak tersebut agar mengental. Setelah dingin, gosok-gosok minyak kemiri ini pada kulit kepala. Lakukan 2-3 kali seminggu. 

3. Buah asamAmbil daging buah asam yang sudah masak. Tambahkan sedikit air bersih sambil diremas-remas. Setelah larut merata, saring dengan kain kasa. Gosokkan sari buah asam tadi keseluruh kulit kepala sambil dipijat ringan. Biarkan beberapa saat, kemudian rambut dicuci bersih dengan sampo. 

4. SeledriAmbil 7-10 tangkai daun seledri. Tumbuk sampai halus. Setelah keramas gosokkan hasil tumbukan daun seledri ini ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijit ringan. Setelah selesai bungkus rambut dengan topi plastik selam kurang lebih 1 jam. Bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali. 

Perawatan dari dalamHal ini berkaitan dengan makanan yang kita makan. Jika makanan kita seimbang, makan rambutpun akan kelihatan indah.
Para ahli menekankan betapa pentingnya menerapkan pola makan seimbang antara nutrisi yang diperlukan, protein, lemak, serta karbohidrat. Ini merupakan kunci sukses untuk mendapatkan helai-helai rambut yang kokoh.
 

Selain itu, makanan yang perlu dihindari adalah daging merah, goring-gorengan, roti yang terbuat dari tepung patih, gula olahan, serta mentega. Batasi juga minum kopi, teh, alkohol, cokelat serta keju karena makanan-makanan tersebut mengganggu keseimbangan antara rambut dan kulit kepala. 

Sementara, makanan yang dianjurkan yang kaya vitamin B (sayur-sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan telur), Vitamin A (Bayam brokoli, pepaya, ubi, semangka, tomat) serta vitamin C (jeruk, anggur, kentang, tomat, melon,stroberi, sayuran berwarna hijau seperti brokoli, kubis). Selain itu makanan yang kaya kalsium: tofu, yogurt, tiram, serta kacang kedelai.

Iklan

2 thoughts on “Perangi Rontok Lewat Perawatan Luar Dalam

  1. gue ada masalah dengan rambut dan masalahnya rambut gue rontok tapi dulu gue gak kayak gini,rontoknya rambut gue setelah gue kuliah dan pada awal masuk kuliah gue di gundul mpe 4x jadi rambut gue rontok. dan sekarang gue di kulit kepala tumbuh jerawat yang menyebabkan rontoknya rambut.jadi gimana dunk?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s